Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Kamis, 04 November 2010

Glukoneogenesis
Beberapa jaringan pada mamalia seperti otak, sistem sarag, sel darah merah, testis, ginjal, jaringan embrionik menggunakan Glukosa sebagai sumber energi. Otak membutuhkan 120 g glukosa tiap hari, lebih dari setengah glukosa yang disimpan di otot dan hati.
Ketersediaan glukosa menurun ketika banyak terjadi aktifitas fisik yang melibatkan kerja otot. Pada kondisi ini organisme membutuhkan cara untuk mensintesis glukosa dari prekursor non karbohidrat. Proises ini melalui lintasan GLUKONEOGENSIS.
Glukoneogenesis berlangsung pada semua hewan, tumbuhan, jamur dan mikroorganisme. Reaksinya sama pada semua sel dan semua species.
Prekursor utama dalam glukoneogenesis : asam laktat, piruvat, gliserol dan asam-asam amino.
Glukoneogenesis berlangsung di hati, ginjal (renal cortex). Produk glukoneogenesis dilepas di dsarah dan ditranspor ke jaringanyang membutuhkan.

Gambar Sintesis Karbohidrat dari prekursor sederhana.



Gambar Pengaturan Glikolisis dan Glukoneogenesis



LINTASAN PENTOSA FOSFAT
Lintasan Pentosa fosfat menyediakan NADPH untuk reaksi reduksi dalam proses biosintesis. Nama lain dari lintasan pentosa fosfat adalah lintasan heksosa monofosfat atau lintasan fosfoglukonat.
Selain bertujuan menyediakan NAPDH lintasan ini juga menghasilkan gula berkarbon 5 yaitu ribulosa 5-fosfat yang merupakan prekursor atau bahan penyusun asam nukleat.

Tidak ada komentar: